Selasa, 15 Maret 2011

Tsunami Di Jepang

Tsunami di Jepang. Tsunami di Jepang terjadi Jumat (11/3/11) siang. Tsunami ini terjadi karena Gempa dasyat berkekuatan 8,9 menghantam timur laut Jepang yang datang diperkirakan pukul 14.46 waktu setempat diikuti oleh gempa susulan di antaranya berkekuatan 7,4 skala Richter sehingga memicu peringatan tsunami setinggi 10 meter.
Jepang mendadak lumpuh total. Tsunami di Jepang ini menyebabkan banyak korban serta kebakaran. Gambar-gambar televisi menunjukkan terjangan air bah yang membawa puing-puing bangunan. Televisi NHK memperlihatkan kobaran api dan asap hitam mengepul dari sebuah bangunan di Odaiba, daerah pinggiran Tokyo, dan kereta api cepat di utara negara itu dihentikan.
Asap hitam juga membubung dari kawasan industri di daerah Yokohama Isogo. Tayangan televisi menunjukkan perahu, mobil dan truk mengambang di air setelah tsunami menghantam kota Kamaichi di utara Jepang. Sebuah jembatan, lokasinya yang tidak diketahui, tampak telah runtuh ke dalam air. Kantor berita Kyodo mengatakan, ada laporan tentang kebakaran di kota Sendai di timur laut. Ratusan pekerja kantor dan pengunjung toko tumpah ke jalan Hitotsugi, di pusat perbelanjaan di Akasaka di pusat kota Tokyo.
Gelombang tinggi ini juga menghantam areal pertanian dan menyapu bersih pesesir laut Jepang. Meski gempa terjadi satu setengah jam yang lalu, hingga saat ini tsunami dilaporkan masih terus terjadi. Jaringan listrik di sebagian besar wilayah ini padam.
Pemerintah membentuk tim tanggap gempa bumi setelah gempa melanda 373 kilometer timur laut kota Tokyo. Perdana Menteri Naoto Kan kembali ke kantornya dari parlemen melakukan rapat dengan tim yang telah dibentuk. Asap dapat dilihat naik dari bangunan di Tokyo pusat. Di kota Iwaki, utara Tokyo, sebuah mobil terlihat hanyut setelah tsunami merambah daratan. Dikabarkan banyak korban yang cedera, namun belum ada laporan mengenai korban tewas. Gempa terdaftar di level 7 pada skala seismik Jepang yang merupakan tingkat tertinggi.
Tohoku Electric Power Co menghentikan operasi di pabrik tenaga nuklir Onagawa. Perusahaan tersebut juga menutup tujuh reaktor di Fukushima Daiichi dan Daini. Di berbagai lokasi sepanjang garis pantai Jepang, rekaman televisi memperlihatkan banjir parah yang membawa mobil, kapal, serta pecahan bangunan. Sebuah kapal besar yang terbawa arus menghantam penahan air di Kota Kesennuma di Prefektur Miyagi.

Badan Meteorologi AS mengeluarkan peringatan tsunami bagi seluruh wilayah Jepang yang terletak di wilayah pantai Samudera Pasifik. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii mengatakan tsunami yang terjadi mempengaruhi wilayah Jepang, Rusia, dan wilayah utara Marianas. Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk wilayah Filipina, Indonesia, dan Hawaii.

0 komentar:

Poskan Komentar