Selasa, 15 Maret 2011

Bencana Di Haiti

Tahun 2010 baru berjalan 12 hari ketika gempa bumi memorakporandakan Port-au-Prince, Haiti. Gempa tersebut mengakibatkan 200 ribu orang meninggal dan 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal. Setelah gempa, ilmuwan mendapati patahan baru yang belum pernah terpetakan. Gempa bumi meningkatkan tegangan pada patahan sehingga berpotensi untuk mengakibatkan gempa besar.


Bencana-Bencana Alam Yang Terjadi Di Tahun 2010

Pada 27 Februari, Chili dilanda gempa. Dengan kekuatan 8,8 Skala Richter itu mengubah lanskap dengan menaikkan daratan sekitar 2,4 meter di daerah pesisir. Menurut laporan tanggal 15 Mei 2010, jumlah korban mencapai 521 orang dan 56 dinyatakan hilang.

Di bulan April, gunung api Eyjafjallajökull meletus. Kabut asapnya menutupi hampir seluruh Eropa, membuat matahari berwarna merah di waktu tenggelam. Bubungan asapnya mengandung listrik, bahkan bisa menghasilkan petir.

Gempa di Selandia Baru, tepatnya di Christchurch, menyebabkan kerugian jutaan dolar. Gempa yang terjadi pada bulan September ini membuat kota berpenghuni 400 ribu orang tersebut porak poranda. Usaha pemulihan terhalangi lagi oleh gempa susulan yang cukup besar.

Topan tropis terbesar juga tercatat pada tahun ini. Topan Megi yang terjadi di Filipina pada bulan Oktober termasuk kategori 5, kategori topan paling berbahaya.

Bencana gempa yang diikuti tsunami di Kepulauan Mentawai pada 25 Oktober juga jadi salah satu bencana tersebesar tahun ini. Tsunami yang gelombangnya mencapai 3 meter itu membuat 113 orang terbunuh.

Satu hari setelah bencana gempa dan tsunami di Mentawai, Gunung Merapi erupsi, mengakibatkan 400 ribu orang mengungsi dan 350 orang meninggal dunia.

Tahun 2010 juga merupakan salah satu musim hurikan paling ramai di kawasan Atlantik. tahun ini, tercatat ada 19 badai. Di Pasifik, badai tidak seramai Atlantik. Tercatat, ada 13 badai sampai saat ini. Musim badai di Pasifik masih berlangsung dengan Topan Megi sebagai badai terbesar.

Beberapa tornado juga terjadi di beberapa daerah yang sebetulnya jarang terlanda. Di New York, tornado memutuskan jaringan listrik dan menumbangkan pepohonan. Tornado di Caledonia, Illinois, menjungkalkan bus sekolah, mencederai sopir dan beberapa anak sekolah

0 komentar:

Posting Komentar